Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘pantai trikora’

Pantai Trikora III

Pantai Trikora III

Postingan kali ini lebih ke pamer foto sebenarnya, karena pantai trikora III sudah pernah saya bahas di sini. (“,)

Trikora III sungguh sebuah pantai yang indah menawan. Letaknya pun tak terlampau jauh dari metropolitan Batam. Kurang lebih ‘hanya’ tiga jam bermobil dari batam via roro punggur-tanjung uban. Iya, tiga jam. Hanya. Okesip.

(more…)

Read Full Post »

Di post sebelumnya saya sudah cerita tentang betapa indahnya Pantai Trikora di pesisir timur pulau bintan. Pasir putih, laut biru, batu granit, semuanya indah tingkat dewa. Namun rupanya ada ‘gangguan’ yang saya alami sepulang dari trikora. Gangguan yang disebabkan oleh penunggu pantai trikora..

Penunggu yang saya maksud adalah binatang imut-imut bernama agas. Agas adalah sejenis serangga terbang berukuran kecil yang kerap terdapat di kawasan pantai. Kalau kita jalan-jalan ke pantai, agas ini suka hinggap dan menggigit kulit kita. Gigitannya sih tidak sakit, tapi bekas gigitannya itu loh – nauzubillah gatalnya. Makin digaruk makin gatal, sampai luka-luka.

Rasa gatal gigitan agas ini tak hilang sampai berhari-hari. Saya saja, sudah 6 hari meninggalkan pantai trikora tapi masih gatal-gatal. Rasa gatalnya kambuhan, muncul sewaktu-waktu sesuka hati, termasuk ketika tidur malam. Mengganggu sekali! Baru kali ini saya merasakan rasa gatal yang menyiksa.

Bekas gigitan agas yang semula bentol biasa seperti digigit nyamuk, lama kelamaan akan menjadi merah dan akhirnya menghitam. Bekas hitam ini, kata emak saya, tidak akan hilang sampai bertahun-tahun loh. Kasian kan kalo yang digigit perempuan berkulit mulus melepak.. ƪ(‾ε‾“)ʃ

Sekedar saran buat yang mau jalan-jalan ke pantai trikora, gunakanlah lotion anti nyamuk atau minyak tawon sebelum bermain di pantai. Dari hasil googling, cara ini ampuh buat sebagian orang. Tapi kalau mau lebih aman lagi, ya gunakan saja baju lengan panjang dan celana panjang selama di pantai.

Satu hal, keluhan rasa gatal akibat gigitan agas ini tidak dialami semua orang. Heru yang bareng saya ke trikora misalnya, tidak mengalami keluhan gatal-gatal sama sekali. Sepertinya hanya berdampak pada orang yang berdarah manis.

Dan dari hasil googling, pantai-pantai indah di Belitung rupanya juga ditunggui oleh hewan yang sama. So, hati-hati aja kalau anda mau ngetrip ke sana. Yah, pantai bagus terkadang harus dibayar mahal…

Pengalaman orang-orang yang menderita digigit agas bisa dibaca juga di sini, di situ dan di sana.

Met jalan-jalan!

Read Full Post »

Awal pekan kemarin untuk kedua kalinya saya jalan-jalan ke Pantai Trikora. Dua kali ke pantai ini, dua kali pula saya dibuat terpesona oleh keindahannya.

Awal tahun lalu sebenarnya saya sudah pernah ke Trikora. Waktu itu saya menginap di Bintan Cabana Beach Resort. Dan waktu itu saya benar-benar terpesona oleh keindahan pantai trikora. Pasir putihnya, laut birunya, batu granitnya, semuanya memukau! Dan kemarin lagi-lagi saya dibuat terpukau. Saya dan Heru menemukan bagian pantai trikora yang lebih indah dari Bintan Cabana Beach Resort. Indahnya keterlaluaaaan!!

Secara umum, Pantai Trikora adalah nama pantai yang membentang di sepanjang pesisir timur Pulau Bintan. Belasan kilometer panjangnya, mungkin lebih. Saya sempat menjelajah mulai dari kawasan Kawal di selatan, sampai ke Bukit Kursi Resort di utara. Sebenarnya masih berkilo-kilo meter lagi ke utara, tapi tidak sempat saya jelajahi.

Karena begitu panjangnya, kondisi pantai trikora berbeda-beda di setiap tempat. Ada bagian yang biasa aja, ada juga yang baguuuuusss banget! Ruas-ruas pantai yang bagus biasanya sudah dibangun menjadi resort wisata, contohnya Nostalgia Yasin Bungalow dan Bintan Cabana Beach Resort.

Beruntung kemarin saya dan Heru menemukan ruas pantai trikora yang belum dijadikan resort, tapi baguuuss banget. Lokasinya, kalau dari arah Kawal, terletak persis sebelum Bukit Kursi Resort. Secara administratif masuk wilayah desa Malang Rapat, kecamatan Gunung Kijang, kabupaten Bintan.

Saking indahnya, saya dan Heru sampai bela-belain dua kali lho ke sini pada hari berbeda. Padahal letaknya jauh banget, 40 km dari Tanjung Pinang.

Pantai yang saya kunjungi ini punya segalanya: pasir putih seputih hatiku, laut biru nan bening, serta batuan granit berukuran besar kaya’ di pulau Belitung. Ada juga pondok-pondok kecil yang bisa disewa kalau gak mau berjemur matahari.

Saat air laut pasang, muncul beting-beting pasir di tengah laut yang berkilauan diterpa sinar matahari. Indaah banget. Pasti bagus buat tempat foto prewed. #eh

Akhirul kalam, maha suci Allah yang menciptakan pantai seindah ini. Kalau, Bintan saja seindah ini, Belitung dan Anambas pasti lebih indah lagi. Ahh jadi pengen… (´⌣`ʃƪ)

NB:

Meski indah luar biasa, sebenarnya pantai trikora berada di bawah bayang-bayang ancaman. Yaitu limbah oli/minyak yang dibuang oleh kapal-kapal di laut sekitar pulau bintan. Saya dua kali menemukan sisa-sisa oli tersebut mengotori beberapa bagian pantai. Sayang sekali. Semoga yang melakukan diberi hidayah oleh Allah Swt. (˘ʃƪ˘)

Read Full Post »

Yay! Senin-selasa kemarin saya dan Heru, teman kantor, jalan-jalan ke Pulau Bintan. Seluruh pulau bintan kami jelajahi, dari Tanjung Uban sampai ke Kijang. Naik apa? Boncengan naik motor yang saya bawa dari Batam.

Kami menyeberang ke Bintan lewat pelabuhan RORO Punggur. Ada empat kali keberangkatan ferry RORO dari Batam ke Tanjung Uban setiap hari: Jam 8:00, jam 11:00, jam 13:00, dan jam 16:00. Kami menyeberang dengan ferry jam 11:00, alhasil tiba di Tanjung Uban tepat saat azan zuhur berkumandang. Oya, Tanjung Uban merupakan kota kecil di ujung barat pulau Bintan.

Sekedar wawasan buat yang belum tahu, Pulau Bintan adalah salah satu pulau utama di provinsi Kepulauan Riau. Di pulau ini terdapat dua daerah tingkat II, yaitu Kabupaten Bintan dan Kota Tanjung Pinang. Di Pulau Bintan terdapat pula sebuah kawasan wisata eksklusif bernama Lagoi. Lagoi ini kondang di kalangan turis mancanegara karena panorama pantainya yang mempesona. Dan karena eksklusif (baca: mahal) kami tidak mampir ke Lagoi. Bintan bukan cuma lagoi kan?

So, tempat yang kami kunjungi pertama adalah Pantai Sakera. Letaknya di kelurahan Tanjung Uban Utara, 10 menit dari kota Tanjung Uban. Pantainya bagus, mirip-mirip Pantai Nongsa di Batam. Bedanya pasir pantai sakera lebih putih.

Dari sakera kami kemudian meluncur 35 km ke timur, menuju Air Terjun Gunung Bintan. Sayang, sama seperti pada kunjungan saya sebelumnya, air terjun di kaki Gunung Bintan ini tetap jelek (⌣́_⌣̀) Debit airnya itu lho, keciiil banget kaya’ pipis kuda. Padahal abis hujan..

Dari Gunung Bintan kami meluncur lagi puluhan kilometer ke pesisir timur pulau bintan, yakni Pantai Trikora. Wuhuu.. Pantai ini hadirin, subhanallah banget bagusnya. Tak percuma datang jauh-jauh bisa demi pantai sebagus ini.

Menjelang maghrib kami meluncur ke kota Tanjung Pinang. Sejam perjalanan dari pantai trikora. Di kota sebenarnya banyak pilihan hotel murah yang bertebaran di sekitar pelabuhan Sri Bintan Pura. Tapi kami pilih menginap di tempat yang jauh lebih nyaman; kosan teman. Muahahaha

Hari kedua, kami jalan-jalan ke Air Terjun Gunung Lengkuas. Gunung Lengkuas ini letaknya 25 menit dari Tanjung Pinang arah ke Kijang. Alhamdulillah, air terjunnya lebih bagus daripada air terjun gunung bintan yang kaya’ pipis kuda. Air terjun gunung lengkuas ini mirip pipis gajah. #eh

Abis dari gunung lengkuas, kami balik lagi ke…… pantai trikora! Yup, kunjungan ke pantai trikora hari sebelumnya masih berasa kurang hadirin. Serasa tak ingin pisah gitu. Air birunya, pasir putihnya, batu granitnya, semua indah luar biasa dan bikin jatuh cinta.. (´⌣`ʃƪ) Di Batam gak ada pantai sebagus ini. Maha suci Allah yang menciptakan pantai seindah trikora..

Dari trikora kami pun meluncur pulang ke Batam via Tanjung Uban. Penjelajahan pulau Bintan dari ujung barat ke timur, utara ke selatan itu ternyata cuma butuh waktu 24 jam! Tiba di bintan tengah hari, meninggalkan bintan juga tepat tengah hari. Weekend dijamin cukup deh untuk menjelajah bintan.

Yang tertarik mengikuti jejak, foto-foto lengkap & cerita detil hadir di postingan berikutnya yah. Dadah! (ɔ ˘⌣˘)/

Read Full Post »

Bintan Cabana Beach Resort adalah sebuah resort di Pulau Bintan. Letaknya di pantai timur Bintan, masuk dalam kawasan wisata Pantai Trikora. Resort ini dapat dicapai sekitar 45 menit perjalanan darat dari Kota Tanjung Pinang.

Cabana sangat cocok untuk menenangkan diri. Di sini hanya ada pantai, pantai dan pantai. Kamu bisa bersantai, berjemur di pantai, atau berendam di laut yang bening dan tenang. Nuansa bening deh pokoknya.

Tidak ada fasilitas olahraga air di Cabana. Tapi buat kamu yang pengen jet skiing atau banana boat, bisa kok. Kamu akan diantar ke Agro Beach Resort yang masih satu group dengan Cabana. 10 km jauhnya.

Di sisi utara pantai Cabana kamu bisa menemukan eksotisme batuan granit berukuran extra besar. Serupa dengan bebatuan pantai pulau Belitong di film Laskar pelangi. Cocok banget buat tempat foto-foto (tetep ya!) atau beraksi ala anak-anak laskar pelangi.

Meski belum setenar wisata Lagoi, sepertinya Bintan Agro Beach ini sudah populer di kalangan wisatawan luar negeri. Terbukti pas kami datang weekend kemarin, sudah banyak turis bule ‘berkeliaran’ di sini.

Info dan reservasi cek di sini

Met jalan-jalan!

Read Full Post »